Rabu, 19 Desember 2012

Beberapa Alat Telekomunikasi



1.     Telegraf, adalahsistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

2.     Telepon, merupakan alat komunikasi jarak jauh yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan.
  • Mekanisme dialing, memungkinkan  seorang penelpon memasukan nomer telepon yang ingin dipanggil.
  • Transmiter atau pemancar sering juga disebut mikrofon
  • Ringer, berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telepon masuk
  • Receiver, berfungsi mengubah arus listrik menjadi suara.

3.     Televisi, adalah sistem telekomunikasi yang menirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirim sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik.

4.     Telepon selular, perangakat telekomukiasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar sama dengan telepon konvensional, tertepi bersifat portable dan tidak menggunakan kabel.
  • CDMA (Code Division Multiple Access), CDMA melakukan pemecahan data suara menjadi paket-paket kecil yang masuk kesaluran frekuensi yang terpisah-pisah.
  • GSM ( Global System for Mobile Communication). Cara kerja GSM dengan mengkompresi suara yang masuk kejaringan GSM ke dalam format digital sehingga mempunyai ukuran yang kecil.

5.     Radio, merupakan sarana komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

6.     Faksimile, alat komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan atau gambar melalui kabel telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar