Sabtu, 05 Januari 2013

kelebihan dan kekurangan media pem-backup data



Untuk menyimpan / menyalin data kita pasti memerlukan media penyimpanan seperti hard disk, disket, CD-R, ataupun yang lainnya.
Dalam sesi kali ni saya membahas kelebihan dan kekurangan dari beberapa media media penyimpanan tersebut.
Berikud pembahasannya…………



1. Disket
Secara umum ini adalah ide yang kurang baik. Disket adalah media yang sangat tidak reliable sangat banyak hal yang bisa merusaknya, tergores sedikit, kena magnet, kena panas, terlipat/terduduki/terinjak, head drive yang tidak akurat lagi-terjatuh-dan bahkan didiamkan bisa rusak karena berjamur. Sebisa mungkin hindari menyimpan data penting Anda di disket.

2. Hard disk
Jika Anda memiliki lebih dari satu harddisk, ini adalah cara backup data yang paling feasible; cepat dan murah (tidak perlu membeli tambahan peralatan). Kumpulkan data penting disebuah direktori dalam harddisk pertama, dan secara rutin duplikasikan direktori tersebut ke harddisk kedua.
Kekurangannya adalah data Anda masih tetap terkumpul di komputer yang sama, jadi problem seperti surge/spike (lonjakan arus listrik) sangat mungkin akan merusakkan kedua harddisk tersebut secara bersamaan.

3. CD-R (CD Recordable) & DVD-R (DVD Recordable)
Manfaatkan untuk mem-backup data karena kelebihan-kelebihannya seperti harga yang murah, sangat reliable (data di CD-R/DVD-R bisa bertahan selama puluhan tahun jika disimpan sesuai anjuran dari manufacturer-nya), dan kapasitasnya cukup besar (0,8-4,3 GB). Untuk mengakses data-data cukup dengan memasukkan CD/DVD tersebut ke CD/DVD drive di komputer mana saja. Sangat mudah untuk mengakses kembali data tersebut. Kekurangannya adalah kecepatan backup yang agak lambat, sangat mudah rusak (mudah pecah atau tergores).

4. Zip drive
Kelebihan:
Cukup cepat untuk mem-backup data dan harga drive-nya cukup murah.
Kekurangan:
100 MB kadang-kadang tidak cukup lagi untuk menyimpan seluruh data Anda, Zip disk reliabilitasnya tidak bisa dijamin, rasio harga disk/kapasitas terlalu mahal, teknologinya yang sudah mulai tertinggal.

5. Jaz drive
Kelebihan:
Cukup cepat untuk memback-up data, kapasitas cukup besar (2 GB).
Kekurangan:
Harga disk-nya masih mahal-resiko harga disk/kapasitas kalah dari hard disk.

6. DLT tape drive
Kelebihan:
Sangat cepat dalam mem-backup data, kapasitas besar, reliable.
Kekurangan:
Harga sangat mahal.
 
7. Internet
Ini alternatif baru yang mungkin bisa cukup feasible, berkat munculnya berbagai website yang menyediakan jasa penyimpanan data secara cuma-cuma di Internet.
Beberapa contoh, Briefcase (http://briefcase.yahoo.com-25 MB), Freediskspace (http://www.freediskspace.com-max. 300 MB), X-Drive (http://www.xdrive.com-sekitar 50 MB), dan lain-lain.
Kelebihan: gratis, dan backup data Anda bisa diakses dari seluruh dunia.
Kekurangan: tidak efisien untuk data dalam jumlah besar terlebih jika koneksi Internet Anda via modem.
Hal penting yang perlu diperhatikan, untuk tidak hanya mem-backup data di Internet saja, karena ini adalah jasa gratis sehingga kalau tiba-tiba mereka mengalami masalah maka tidak ada yang dapat Anda lakukan. Untuk itu backup juga data Anda dengan alternative lainnya.
Data-data yang kita buat dalam jangka waktu yang lama apabila hilang, rusak, terhapus dan sebagainya. Akibat computer yang hang, aliran listrik yang mati secara tiba-tiba mengakibatkan kita kebingungan, maka pada modul ini akan dibahas bagaimana proses restore data, yaitu proses lanjutan setelah kita membuat cadangan file dengan proses backup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar